Komunikasi-5: Mengendalikan Arduino dari Aplikasi Android Menggunakan Modul Wifi ESP8266

Dipublikasikan oleh Admin pada

Mengendalikan Arduino secara online menggunakan Android

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya, yaitu Komunikasi-4: Mengendalikan Arduino Secara Online Menggunakan Modul Wifi ESP8266. Bagi pembaca yang baru berkunjung ke blog ini, silahkan membaca dulu tulisan tersebut karena masih berhubungan dengan tulisan ini.

Pada tulisan tentang pengendalian Arduino secara online tersebut, telah diberikan contoh sketch dan script PHP untuk mengontrol Arduino melalui website. Sekarang penulis akan membahas cara membuat aplikasi untuk mengontrol Arduino tersebut menggunakan aplikasi Android.

Sketch yang digunakan pada Arduino masih sama, dan tak perlu diubah. Sehingga selain bisa dikontrol dari website, Arduino tersebut juga bisa dikontrol oleh aplikasi Android. Dua-duanya bisa mengontrol Arduino yang sama secara bersamaan.

Membuat Aplikasi Android

Membuat aplikasi Android pada awalnya memerlukan keahlian pemrograman Java dan Android. Selain itu juga memerlukan software Android Studio yang berguna untuk mengubah source code menjadi file .apk

Beruntung sekali kita sekarang karena untuk membuat aplikasi Android tidak serumit dulu. Kini sudah ada App Inventor – beralamat di http://ai2.appinventor.mit.edu – yang telah menyediakan tool pembuatan aplikasi Android secara online.

Membuat App Inventor jauh lebih mudah daripada membuat aplikasi Android menggunakan Android Studio. Dengan sistem pemrograman drag and drop dan block programming, membuat aplikasi Android akan terasa menyenangkan dan cepat.

Cara Memulai App Inventor

Kunjungi http://ai2.appinventor.mit.edu kemudian login menggunakan email account. Kemudian pilih menu-menu yang tersedia.

Contoh Aplikasi Android untuk Mengontrol Arduino

Kembali lagi ke soal mengontrol Arduino, penulis sudah sediakan file proyek App Inventor yang bisa pembaca download kemudian import ke akun App Inventor pembaca.

Download file proyek: http://www.mediafire.com/file/9u29og9bbd4tbz1/KontrolIoT.aia

Pilih menu “Projects” > “Import project (.aia) from my computer ...

Kemudian pilih file yang sudah di download (file .aia).

Tampilan Designer

Contoh aplikasi yang disediakan cukup sederhana, dengan maksud supaya mudah dipelajari dan dikembangkan oleh pembaca. Hanya terdiri dari judul dan 2 buah tombol untuk On dan Off.

Kalau pembaca ingin menambahkan komponen lain, silahkan tarik komponen dari bagian Pallete ke bagian Viewer. Kalau ingin mengubah-ubah property (warna, tulisan, ukuran), silahkan ubah di bagian Properties.

Demo aplikasi Android untuk mengontrol Arduino

Blok Program

Bagian Designer berguna untuk mengubah penampakan, sedangkan bagian Blocks berguna untuk membuat alur program dalam bentuk blok-blok yang mirip dengan puzzle.

(untuk pindah dari Designer ke Block, klik tombol di bagian kanan atas halaman).

Sama seperti pada bagian Designer, pada bagian Blocks juga kita menggunakan cara drag and drop (tarik dan lepaskan).

Cara kerja block pada contoh aplikasi ini adalah:

Apabila terjadi klik pada tombol buttonOn, maka set URL komponen Web1.URL menjadi http://www.komputronika.com/iot/simpan/rlysaya?relay=on. Kemudian perintahkan Web1 untuk melakukan get dengan menambahkan blok Call Web1.Get

Demikian juga untuk buttonOn, urutan bloknya sama hanya datanya saja yang berbeda.

Penting: Kalau pembaca ingin menggunakan aplikasi ini secara real, jangan lupa untuk mengubah rlysaya dengan key yang dibuat sendiri. Misalnya lamputamanAndi, pemanas12552, dsb. Yang penting key ini harus unik dan harus disamakan dengan key yang ada di sketch Arduino.

Aplikasi Android untuk mengontrol Arduino

Demikianlah contoh aplikasi Android untuk mengontrol Arduino melalui Internet. Ditunggu komentarnya.

Topik hangat:


Berikan Komentar Anda