10 Alasan Mengapa Sebaiknya Menggunakan Linux

Dipublikasikan oleh Admin pada

Linux merupakan sistem operasi open source yang paling populer di dunia saat ini, Linux juga banyak digunakan sebagai server untuk hosting website yang ada di Internet. Sistem operasi dengan maskot Penguin ini menjadi alternatif bagi orang yang ingin mendalami jaringan komputer, khususnya di Indonesia. Linux merupakan alternatif bagi pembaca yang bosan menggunakan Windows atau Mac OS.

Linux menyediakan tampilan user interface yang tidak kalah bagus dan halus dibanding sistem operasi lain. Linux dapat diandalkan untuk penggunaan di rumah ataupun di kantor. Linux juga menjadi salah satu sistem yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Sebagian besar database terbesar di dunia menggunakan sistem operasi Linux.

1. Linux Gratis & Open Source

Jika tidak ingin berurusan dengan biaya software – lisensi, maka Linux adalah pilihan terbaik, karena Linux itu gratis.

2. Linux Lebih Aman dibandingkan Server Lain

Linux memberikan keamanan yang sangat baik untuk para pengguna. Komunitas Linux secara rutin membuat perbaikan-perbaikan keamanan untuk setiap ancaman keamanan yang ditemukan. Selain itu, pengembang Linux juga menyediakan update kernel reguler dan patch keamanan secara rutin. Oleh karena itu, tidak wajib pengguna Linux untuk memiliki program anti-virus. Dengan Linux, baik pengguna perusahaan atau perorangan bisa menghemat banyak dana yang biasa digunakan untuk membeli lisensi program antivirus.

3. Linux Hemat dalam Pemakaian Resource

Sebagian besar sistem operasi lain memiliki kendala dengan fitur hardware. Contohnya Windows 7 atau 8 yang membutuhkan setidaknya 2GB RAM untuk sistem agar beroperasi dengan baik. Namun, Linux adalah suatu sistem operasi ringan dan yang dapat beroperasi pada resource yang kecil.

4. Linux Mudah Dioperasikan

Kita tidak perlu pergi ke sebuah pelatihan atau kursus dapat mengoperasikan sistem operasi Linux. Linux memiliki hampir semua fungsi yang ada di sistem operasi lain seperti Windows atau Mac.

5. Linux Tersedia dengan Driver yang Lengkap

Pembaca pasti pernah punya masalah driver pada sistem operasi Windows, di mana Windows memberitahu ada driver yang belum di install atau hilang. Pada Linux, kecil kemungkinan mengalami hal tersebut, pembaca tidak perlu repot mencari bermacam-macam driver. Ini sangat menghemat waktu, karena sebagian besar driver sudah tersedia dalam sistem operasi Linux. Tidak perlu stres memikirkan driver hardware yang bermasalah.

6. Linux Mudah Diupdate

Melakukan update sistem Windows kadang bisa membuat kita kesulitan – misalnya ada bug atau tidak kompatibel dengan hardware dan aplikasi terinstal. Update pada sistem operasi Linux, baik pada OS maupun aplikasinya sangat mudah bila dibandingkan dengan Windows yang kadang mengharuskan pembaca untuk restart atau shutdown komputer, maka dengan Linux cukup dengan beberapa klik saja.

7. Linux itu Cepat

Karena Linux itu relatif ringan, maka Linux lebih cepat dibanding sistem operasi lain. Windows memiliki software-software yang ukurannya besar dan cenderung lebih berat untuk dijalankan.

8. Linux Memiliki Komunitas yang Besar

Salah satu alasan menggunakan Linux adalah rasa memiliki. Kita memiliki platform dimana dapat berbagi dengan sesama pengguna/komunitas Linux. Kita dapat menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan tentang masalah Linux dan jika pertanyaan itu tergolong unik, maka komunitas akan senang membantu. Banyaknya komunitas memungkinkan masalah akan lebih mudah terselesaikan dibanding menggunakan sistem operasi yang sifatnya close-source.

9. Linux Juga Memiliki Software Office yang Powerful

Kalau pembaca bilang Windows sangat baik karena memiliki Microsoft Office yang begitu powerful, maka di Linux juga ada software yang serupa. Linux memiliki Libre Office ataupun Open Office yang kemampuannya tidak kalah dibanding Microsoft Office, bahkan tidak seperti Microsoft Office yang harus dibeli dengan harga relatif mahal, Libre Office dan Open Office dapat kita gunakan secara gratis.

10. Linux Memiliki Segudang Aplikasi Gratis

Dengan hanya mengklik tombol, kita bisa mendapatkan akses ke ribuan tool dan program. Ini adalah keuntungan tambahan yang sangat menonjol dibandingkan Windows. Bayangkan kalau harus membayar ratusan bahkan ribuan dollar untuk Microsoft Office dan Photoshop, di Linux kita dapat menemukan aplikasi serupa dengan harganya Gratis.

Itulah beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan untuk mencoba Linux atau bahkan migrasi sepenuhnya ke Linux.

Kategori: Linux