Menyimpan Data Sensor dari NodeMCU ke Database MySQL

Dipublikasikan oleh Admin pada

Menyimpan data dari NodeMCU ke database MySQL KomputronikaMenyimpan data dari NodeMCU ke database MySQL di localhost maupun di server web hosting dapat dilakukan dengan perantaraan script PHP yang terinstall di web server. Pada tulisan ini akan diberikan  contoh menyimpan data dari sensor suhu LM35 dari NodeMCU ke database MySQL, menggunakan Arduino IDE.

PHP dan MySQL

NodeMCU adalah board yang dapat berkomunikasi dengan web server via Wifi. Oleh karena itu kita akan menggunakan pemrograman PHP untuk mengakses MySQL. Sebab PHP adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk web. Sedangkan MySQL adalah database yang paling umum dipakai sebagai database web. (Selain PHP, ada bahasa pemrograman web lain NodeJS, Python, Ruby – tetapi penulis akan fokus pada PHP karena relatif mudah dipelajari/diinstall).

Menginstall PHP dan MySQL

Kalau pembaca belum pernah menginstall PHP dan MySQL, silahkan mengikuti panduan di halaman ini:

https://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-wordpress-cara-menginstall-xampp-di-windows/

Kalau pembaca ingin langsung menyimpan data di sebuah server web hosting, silahkan langsung membuat database MySQL di CPanel pada menu-menu yang sudah disediakan.

https://www.duniailkom.com/tutorial-membuat-web-online-cara-membuat-database-mysql-di-cpanel-web-hosting/

Struktur Database MySQL

Setelah menyiapkan web dan database server, sekarang kita membuat sebuah database MySQL. Silahkan masuk ke halaman phpMyAdmin (baik di localhost ataupun di web hosting) dan buatlah sebuah database bernama demo. Kemudian buatlah tabel dengan struktur seperti pada gambar ini.

Database MySQL untuk menyimpan data dari NodeMCU

Script PHP

Script PHP yang akan digunakan untuk menyimpan database adalah seperti contoh di bawah ini. Silahkan simpan dengan nama simpandata.php dan taruh di folder misalnya C:/xampp/htdocs/demo_nodemcu atau upload ke folder public_html/demo_nodemcu

Wiring LM35 dan NodeMCU

Seperti disebutkan di awal tulisan ini, kita akan membuat contoh pengiriman data dari sensor suhu LM35. Oleh karena itu silahkan membuat wiring seperti ini.

Catatan: Kalau pembaca sedang tidak punya stok LM35, bisa mengganti dengan potensiometer.

Mengirimkan data sensor suhu LM35 dari NodeMCU ke MySQLSketch NodeMCU

Cara kerja sketch NodeMCU untuk menyimpan data ke database MySQL adalah dengan mengirimkan request http menggunakan metode GET ke alamat web server (atau URL) dimana kita menyimpan script PHP itu tadi. Parameter yang perlu dikirimkan lewat metode GET adalah ‘suhu‘.

Format URL adalah:
http://nama-host/demo_nodemcu/simpandata?suhu=data_suhu

nama_host = Nama server web, misalnya ‘192.168.0.10’ atau ‘komputronika.com’.
demo_nodemcu = Nama folder, boleh diganti sesuai keinginan.
data_suhu = Adalah data hasil baca dari sensor LM35, akan disisipkan pada bagian loop dan dikirim secara periodik (dengan delay), misalnya 5 detik sekali.

Copas sketch di atas ke Arduino IDE dan pilih board NodeMCU. Kemudian upload dan lihat pada serial monitor. Bila sketch sudah benar maka akan tampil seperti ini:

Menyimpan data dari NodeMCU ke database MySQL

Cek Database MySQL

Apakah sketch NodeMCU dan script PHP sudah menjalankan tugasnya dengan benar? Untuk memastikan bahwa data sudah benar-benar tersimpan di database MySQL, maka bukalah phpMyAdmin. Bila data sudah tersimpan dengan baik, maka data dapat dilihat seperti ini:

Hasil data simpan dari NodeMCU MySQL dan PHP

Hore… Menyimpan data sensor dari NodeMCU ke database MySQL sudah berhasil.

Selamat mencoba dan dikembangkan lagi sesuai dengan keinginan pembaca. Kalau ada pertanyaan silahkan berkomentar. Jangan lupa untuk subscribe agar mendapatkan update bila ada tulisan-tulisan terbaru.

 

 

Topik hangat:

Kategori: MySQLNodeMCUPHP