Bagaimana Memprogram Arduino dengan PHP?

Dipublikasikan oleh Admin pada

Dapatkah memprogram Arduino dengan PHP? Pertanyaan ini sering penulis baca di forum-forum Internet – terutama ditanyakan oleh para programmer yang baru memulai hobi elektronika dan mikrokontroler.

Sebelum menjawab pertanyaan apakah bisa memprogram Arduino dengan PHP, maka kita perlu tahu terlebih dahulu perbedaan jenis pemrograman PHP dengan jenis pemrograman Arduino (C/C++) dan juga tentang bahasa mesin.

Sebuah program Arduino (C/C++) akan diubah (dicompile) menjadi bahasa mesin oleh software compiler lalu dijalankan oleh mikrokontroler, sedangkan untuk menjalankan sebuah program PHP dibutuhkan software interpreter.

Perbedaan Dasar Compiler dan Interpreter

Compiler

Membaca keseluruhan source code lalu menerjemahkan menjadi kode objek dan kemudian menjadi bahasa mesin.
Membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses source code, tetapi secara keseluruhan eksekusi relatif lebih cepat.

Interpreter

Menerjemahkan baris per baris dari source code dalam satu waktu.
Membutuhkan waktu sedikit untuk memproses source code, tapi secara keseluruhan eksekusi relatif lambat.

Bahasa Mesin

Setiap prosesor ataupun keluarga prosesor memiliki perintah standar kode kode mesin. Perintah ini berupa pola bilangan biner yang merepresentasikan perintah-perintah yang dikenali oleh prosesor tersebut.

Bahasa mesin atau kode mesin adalah kumpulan perintah dan data yang dapat dijalankan secara langsung oleh prosesor. Bahasa mesin pada kenyataanya adalah sederetan bilangan biner yang ditanamkan ke sebuah chip menggunakan sebuah alat programmer (misal: USBasp, dsb).

Arduino adalah mikrokontroler, oleh karena itu sudah tentu memiliki prosesor di dalamnya. Akan tetapi karena bersifat mikro, maka kapasitas RAM dan flash sangat minim.

Kembali ke pertanyaan di atas, untuk memproses sebuah source code PHP diperlukan sistem operasi dan software interpreter PHP itu sendiri. Sedangkan dengan chip-chip yang dipakai oleh Arduino saat ini, menginstall interpreter PHP di dalam Arduino adalah hal yang belum memungkinkan.

Sebuah chip — misalnya AVR Atmega328, tidak memerlukan sistem operasi karena prosesor yang ada di dalamnya akan langsung menjalankan bahasa mesin yang dalam bentuk biner tadi.

Jadi kesimpulan nya, memprogram Arduino dengan PHP adalah tidak bisa — sampai saat ini.

Bagi pembaca yang ingin mempelajari bahasa Arduino (C/C++), silahkan membaca buku panduan Arduino: “Belajar Mudah Mikrokontroler Arduino“, sudah dilengkapi dengan contoh proyek menggunakan MySQL, Wifi, GSM, dll.

Topik hangat:

Kategori: ArduinoPHP